Monday, November 14, 2022

10 Tips Dan Cara Sukses Bisnis Online Terbaru

TIPS DAN CARA BISNIS ONLINE TERBARU

Bisnis Online Dalam era digital telah membuka peluang yang luas untuk berbisnis secara online. Saat ini, telah berkembang berbagai platform usaha jualan online, dengan inovasi yang tiada henti karena adanya dukungan teknologi. Hampir sebagian besar bisnis dari berbagai bidang, yang sebelumnya hanya dijalankan secara konvensional, kini sudah go online.

10 Tips Dan Cara Sukses Bisnis Online Terbaru
sumber photo google com tips dan cara bisnis online terbaru
 

Buat kamu yang saat ini sedang tidak bekerja, belum memiliki pekerjaan karena baru saja menamatkan pendidikan, atau kamu yang sudah merasa bosan bekerja di kantor dan ingin memulai bisnis sendiri, inilah saat yang tepat, karena saat ini menjalankan bisnis secara online sudah bisa dijadikan sebagai mata pencaharian. Sebagai pemula, modal utama yang kamu butuhkan pastinya perangkat digital yang mobile atau smartphone dan kuota internet.

Jualan online sebenarnya tidak selalu butuh modal besar. Kamu bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendirikan online shop. Bisnis ini bisa diakses kapanpun dan dimanapun, terlebih dengan hadirnya berbagai kemudahan melalui aplikasi mobile. Berikut ini yang memuat cara dan tips untuk memulai jualan online dengan bantuan aplikasi mobile yang sangat recommended.

Tips Dan Cara untuk Memulai Bisnis Online


Berjualan secara online saat ini lebih banyak diminati oleh para pemilik usaha, karena lebih efektif dibandingkan dengan jualan secara konvensional (offline). Menjual barang secara online dapat menghemat pengeluaran dibandingkan dengan menyewa sebuah tempat untuk berjualan. Sebelum kamu memutuskan berjualan secara online, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah cara efektif untuk memulai usaha online shop.

1. Tentukan jenis produk, brand, logo dan target pasar

Langkah awal dalam memulai jualan online adalah menentukan produk apa yang akan kamu jual. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan riset atau menganalisa produk apa yang menguntungkan dan menjadi kebutuhan bagi calon konsumen. Kamu bisa memilih menjual produk sesuai dengan minat kamu, tetapi lihat juga apakah jenis produk tersebut memiliki prospek yang bagus untuk dijual.

Kamu pun bisa menjual produk yang sering kamu gunakan dan kamu paham apa kelebihan dan kekurangannya. Lebih baik lagi jika produk yang kamu pilih adalah yang everlasting atau yang selalu dibutuhkan orang sepanjang masa, sehingga keberadaannya di pasaran bisa bertahan lama.

Berbeda jika memilih produk yang sedang trend saja, yang jika trend-nya berakhir maka produk pun ikut tenggelam popularitasnya. Cobalah untuk memahami kebutuhan para konsumen. Pilihlah produk yang memang bisa dijual dengan harga rata-rata, tidak terlalu mahal dan tidak juga murah, namun utamakan kualitas produk. Selain itu, produk juga harus memiliki ciri khas, sehingga saat dibandingkan dengan produk sejenis, produk kamu memiliki keunggulan.

Tidak hanya menentukan produk, kamu juga harus menentukan segmentasi dan siapa saja target market-nya. Selain itu, tentukan nama yang cocok dan pas untuk merek dagang kamu. Buatlah nama yang simpel dan unik supaya brand kamu mudah diingat, serta membuat desain atau logo dari brand tersebut. Pilihlah desain dengan warna unik yang bisa merepresentasikan produk yang akan kamu jual.

2. Lakukan perhitungan budget

Buatlah rencana anggaran yang baik saat memulai online shop, termasuk yang digunakan untuk modal awal dan perkiraan biaya operasional. Perencanaan anggaran ini berfungsi untuk mengetahui jumlah nominal modal yang harus disiapkan. Anggaran ini juga digunakan sebagai acuan perhitungan selanjutnya yang menyangkut pengeluaran dan jumlah keuntungan yang akan diperoleh.

Selama menjalankan online shop, pastikan juga kamu melakukan pembukuan dengan baik dan akurat. Semua transaksi keuangan harus tercatat dengan rapi, agar kamu dapat mengetahui dengan akurat berapa pendapatan dan pengeluaran dalam keuangan usahamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi mobile yang recommended untuk pembukuan keuangan usaha, untuk membantu mengelola urusan finansial dan pembukuan online shop kamu secara optimal.

3. Buat foto dan video produk yang menarik

Bisnis Online Menjual produk secara online berarti konsumen tidak melihat langsung produk tersebut, melainkan hanya melalui media seperti foto dan video. Untuk mengatasi hal tersebut, maka foto dan video produk perlu dibuat semenarik mungkin untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk kamu.

Sebelum membuat foto produk, kamu bisa mencari inspirasi dari contoh foto produk sejenis yang menurutmu cocok. Tak ada salahnya mencontoh konsep foto tersebut sebagai konsep awal, namun kamu harus menggunakan produk kamu sendiri sebagai objek utama, dan lebih baik lagi jika bisa memodifikasi konsep awal tersebut sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik produkmu.

4. Buat akun Bisnis Online di media sosial

Suatu usaha online shop perlu memiliki akun media sosial, misalkan Instagram, dan buatlah akunnya menjadi akun business supaya kamu bisa menggunakan fitur insight untuk mengetahui berapa banyak audiens yang sudah mengunjungi akun online shop kamu. Adanya media sosial bisa dibilang salah satu cara mudah yang bisa membantu menyebarluaskan online shop kamu dan berinteraksi dengan pelanggan melalui fitur chat dan comment-nya.

5. Tentukan platform penjualan bisnis online shop

Kamu perlu menentukan platform apa saja yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnis online shop ini. Dengan begitu, kamu bisa menyusun strategi yang tepat untuk produk yang akan dijual di bisnis online yang kamu jalani.

Pastikan platform tersebut dapat mempermudah para pembeli untuk mendapatkan produk yang kamu jual, misalkan kamu menjual barang-barang elektronik yang harganya mencapai jutaan rupiah, kita harus memilih platform yang menyediakan sistem pembelian secara kredit dengan perhitungan dan keamanan yang terjamin bagi kamu dan konsumen.

Selain memiliki akun media sosial, sebaiknya kamu menangkap peluang lainnya dengan mendaftarkan toko online shop milikmu di berbagai marketplace. Melalui marketplace, kamu sudah memiliki lapak jualan secara online, dan hal ini tentu cukup menguntungkan karena di satu sisi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat berjualan seperti pada umumnya.

6. Lakukan promosi di berbagai media

Promosikan usaha kamu secara online ke berbagai media sosial. Dengan begitu, banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan online shop barumu. Mungkin saja ada yang tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Selain melalui akun media sosial, lakukan promosi melalui website dan status Whatsapp. Dengan begitu orang-orang akan semakin mengenal produk tersebut. Jejaring sosial memang memiliki peranan penting dalam mempromosikan produk secara luas. Dalam media sosial, kamu bisa menggunakan promosi secara gratis maupun berbayar.

Bentuk promosi yang berbayar bisa dilakukan oleh online shop dengan menggunakan jasa paid promote atau endorse ke influencer. Ketika kamu ingin meng-endorse influencer, pastikan kamu harus menentukan apakah followers dari influencer tersebut sesuai dengan target market kamu. Hal ini dilakukan agar promosi yang sudah dilakukan tidak sia-sia begitu saja.

7. Utamakan kualitas

Penjualan secara online berarti pembeli hanya dapat melihat produk yang kamu jual dari foto dan dari keterangan yang kamu berikan mengenai produk tersebut. Karena itulah kamu harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan memperhatikan kualitas produk yang kita jual.

Utamakan kualitas produk agar konsumen merasa puas. Pada akhirnya, di tengah persaingan dengan usaha lain yang menawarkan produk yang serupa, kualitas lah yang terpenting dan menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam menentukan pilihan produk yang akan dibeli.

Konsumen tidak hanya berpatokan pada harga, namun juga kualitas. Sediakan produk dengan kualitas terbaik, sehingga tidak mengecewakan konsumen. Ketika produk yang kita tawarkan memang bagus dan tidak mengecewakan pembeli, maka memungkinkan para pembeli menyebarkannya.

Jangan sampai kamu kecolongan dan menjual barang dengan kualitas buruk, sehingga akan mengecewakan pembeli dan akan membuat pembeli tersebut tidak lagi belanja di online shop kamu. Pembeli tersebut pun akan menyebarkan kabar kekecewaannya kepada lingkaran terdekatnya, seperti keluarga dan teman-temannya. Hal ini akan memberikan dampak buruk bagi perkembangan usaha kamu.

8. Berikan layanan yang terbaik

Jika kamu sudah memiliki pelanggan, maka berikan pelayanan yang memuaskan agar pelanggan melakukan repeat order. Layanan prima bisa berupa keramahan untuk menjawab saat konsumen menanyakan jenis produk dan detailnya. Berikan respon yang sigap dan layanan cepat kirim pada konsumen.

Layanan yang baik juga termasuk memperhatikan proses pengiriman. Dalam proses pengiriman, pastikan bahwa barang yang akan dijual aman dan terkirim sampai kepada pembeli. Pilihlah jasa ekspedisi yang cocok, misalkan dalam menjual baju, menggunakan jasa kurir dengan pengiriman lebih dari sehari tentu saja aman. Lain halnya dengan makanan yang memang tidak tahan lama. Gunakanlah jasa ekspedisi yang dapat mengantar makanan secara cepat agar ketika sampai ke tangan pembeli, rasa dan bentuk makanan tidak rusak dan masih dapat dinikmati.

9. Berikan promosi dan diskon

Salah satu strategi dalam menjalankan bisnis online shop adalah memberikan berbagai jenis promosi serta potongan harga. Promosi akan lebih dapat menarik pembeli, hal ini sangat ampuh karena semua pelanggan pasti menyukai diskon.

Promosi dan diskon juga bisa dilakukan sebagai bagian dari pengenalan brand online shop yang baru. Branding merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis, karena branding yang kuat bisa membawa kesuksesan. Bahkan jika branding suatu bisnis sudah terbangun kuat, semahal apapun harga produk yang dijual, pembeli akan rela membeli walaupun mereka sadar bahwa harganya sangat mahal.

10. Mempertimbangkan testimoni pelanggan

Dalam menjalankan bisnis secara online, kenyataannya tidak selalu mudah untuk menarik seorang pembeli yang mungkin masih memilih produk mana yang paling pas dan mempertimbangkannya dengan seksama. Disinilah pentingnya testimoni dari pelanggan lain, yang bisa menjadi bahan pertimbangan seorang konsumen untuk memutuskan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak.

Dengan adanya sebuah testimoni yang baik tentu akan memberikan pengaruh bagi kepercayaan seorang pembeli. Tidak hanya itu, dengan adanya testimoni kamu bisa melakukan penilaian atau evaluasi terhadap kualitas yang kamu jual agar kedepannya bisa memberikan produk dengan kualitas yang lebih baik.

My Blog : https://14-bisnis.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Slot Online - Cara Bermain Untuk Pemula

  Slot Online - Cara Bermain Untuk Pemula . Dalam hal perjudian kini game yang sangat digemari oleh kalangan masyarakat ialah slot online. K...